Dalam berbisnis online pengiriman barang merupakan hal yang penting, karena barang bisa sampai pada pembeli harus diantar dengan kesepakatan yang dibuat, baik jasa kurir ataupun COD. Bila usaha online shop kita sudah besar maka kita juga harus mempunyai kurir pribadi yang bisa mengantarkan barang kita sampai pada pelanggan, ini yang dilakukan Bhineka.com yang memiliki hampir 40 armada pengiriman barang.
Untuk memilih jasa pengiriman yang baik ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar barang kita sampai dengan selamat kepada pembeli, berikut cara memilih jasa pengiriman barang :
- Services Area
Kita harus tahu jangkauan dari area jasa ekspedisi yang akan kita gunakan, apa mereka bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia atau tidak. Karena orang yang bertransaksi dalam bisnis online bisa saja berasal dari daerah yang mungkin kita sendiri belum pernah mendengarnya.
Selain itu juga kita harus tahu apakah jasa layanan yang mereka sediakan meng-cover untuk jasa pengiriman keluar negeri, karena bukan tidak mungkin bila ada yang memesan barang kita dari luar negeri.
- Handling Barang
Handling barang yang dilakukan penyedia jasa layanan juga perlu dipertimbangkan, karena kita tidak mau kalau barang yang kita jual sampai rusak ketika sampai pada pembeli. Penyedia jasa yang baik biasanya tahu barang apa yang dikirimkan, jadi mereka tidak asal lempar ataupun banting untuk menghindari kerusakan pada barang.
Tapi kadang juga sering terjadi kerusakan pada pembungkus paket yang dikirimkan, jadi kita harus perhatikan keamanan barang yang akan kita kirim dengan memaksimalkan pengepakan, ini mengantisipasi dari hal-hal yang bisa merusak barang kiriman kita saat di tangani pihak ekspedisi.
- Lama Pengiriman
Lamanya pengiriman barang juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jasa pengiriman, karena beda jasa layanan beda juga lamanya pengiriman. Tapi kebanyakan masing-masing jasa pengiriman memiliki jenis paket pengiriman, seperti YES pada JNE ada juga layanan seperti itu di jasa penyedia layanan lainnya seperti ONS di TIKI, dan Paket Kilat pada Pos Indonesia. Klik Disini Untuk Kirim Barang !
- Tarif
Setiap penyedia layanan pengiriman memasang harga berbeda-beda tergantung pada layanan yang dipilih. Tapi kebanyakan setiap layanan harganya tidak jauh berbeda dari layanan sejenis yang ditawarkan penyedia jasa pengiriman lainnya.
Jadi masalah tarif bisa dibicarakan dengan pembeli mau menggunakan yang murah atau mahal.
- Customer Services
Kita juga harus melihat apakah customer services jasa pengiriman yang akan kita gunakan selalu stand by 24 jam karena bisa saja pembeli kita komplain saat tengah malam jadi kita harus memilih jasa pengiriman yang customer services selalu siap melayani ketika kita mencari info status barang kiriman kita.
Jasa pengiriman ini sangat krusial bagi kita, karena kita mempercayakan barang yang kita kirim pada mereka. Jadi pilih sebaik mungkin agar para pelanggan kita tidak kecewa, dan pastikan kita tahu pelanggan kita mau diantar barangnya dengan kurir yang mana.
Sumber : portalpengusaha.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar